Senin, 11 November 2013

WAKIL KETUA: PEMUDA NU HARUS KREATIF

Padangpariaman, NU Online
Wakil Ketua GP Ansor Sumatera Barat, Rahmat Tuanku Sulaiman menegaskan, kader Ansor harus melakukan gerakan dalam kehidupan masyarakat. Sebagai pemuda, GP Ansor harus berani melakukan gerakan kreatif, inovatif, dan memajukan kehidupan masyarakat.


“Jika tidak melakukan gerakan, maka bukanlah GP Ansor namanya. Dari nama organisasinya saja sudah menunjukkan gerakan. Apalagi saat ini berbagai masalah kepemudaan yang ada di tengah masyarakat, Ansor diminta bisa berperan memberikan solusinya.” 

Rahmat mengatakan hal itu pada Konferensi Cabang Ke-IX Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Padangpariaman di aula Surau Tangah Padang Pasar Pauhkamba, Sumatera Barat, pada Ahad (22/9).

Dikatakan Rahmat, Ansor dalam kehidupan kemasyarakatan memiliki  konsep tawasuth, tasamuh, tawazun dan amar ma'ruf nahi munkar. Tawasuth (moderat) berarti, sebuah sikap keberagamaan yang tidak terjebak terhadap hal-hal yang sifatnya ekstrim. 

Tasamuh, sebuah sikap keberagamaan dan kemasyarakatan yang menerima kehidupan sebagai sesuatu yang beragam. Tawazun (seimbang), sebuah keseimbangan sikap keberagamaan dan kemasyarakatan yang bersedia memperhitungkan berbagai sudut pandang, dan kemudian mengambil posisi yang seimbang dan proporsional. Amar ma'ruf nahi munkar, mengajak kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran.

”Konsep tersebut harus menjadi prinsip bagi kader Ansor dalam menggerakkan organisasi di tengah masyarakat. Sehingga kader Ansor bisa menempatkan diri yang tidak mudah menyalahkan pihak lain yang berbeda dengan prinsipnya,” tambah Rahmat.

Konfercab dengan tema GP Ansor Parik Paga Dalam Nagari, Kawula Mudanya Nahdiyyin, Satu Dalam Kebersamaan, dihadiri 11 Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ansor di Kabupaten Padangpariaman. Masing-masing PAC Kecamatan Ulakan Tapakis, Lubuk Alung, Batang Anai, Sintoga, 2 X 11 Kayutanam, Enam Lingkung, VII Koto Sungai Sarik, Sungailimau, Auamalintang, V Koto Kampung Dalam, Sungai Geringging.

Sebelum pemilihan, empat bakal calon Ketua PC GP Ansor menyampaikan visi misi jika terpilih. Masing-masing bakal calon yang menyampaikan visi misi adalah Luki Permensyah, Azwar Tk. Ibrahim, Zeki Aliwardana dan Alva Anwar. (Armaidi Tanjung/Abdullah ALawi)

Sumber: Website NU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar