Selasa, 12 November 2013

PAMSIMAS Padang Besi diserahterimakan ke BPSPAMS

PAMSIMAS Padang Besi diserahterimakan ke BPSPAMS
Sebanyak 477 Jiwa dari 151 KK Warga RT 02 RW 02 Kelurahan Padang Besi merasa bahagia dengan telah selesainya pembangunan sarana Pamsimas. Kehadiran pamsimas yang ditunggu-tunggu warga di Kelurahan Padang besi menjadi solusi dari kekurangan air bersih yang dialami warganya.
Hal itu ditandai dengan telah dilakukannya serahterima sarana dari Satuan pelaksana (Satlak) dan LKM Mutiara kepada PU kota Padang yang diwakili oleh DMAC Pamsimas Kota Padang, kemudian PU menyerahkan kepada Badan Pengelola Sarana Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (BPSPAMS) pada hari Senin, tanggal 18 februari bertempat di Mushalla Nurul Ikhwan Kompleks SD 16 Kelurahan Padang Besi.
“Sarana terdiri dari 1 unit sumur gali, 1 unit Menara dan 6 unit Kran Umum (KU) serta  perpipaan sepanjang 292 meter ini dibangun dengan nilai Rencana Kerja Masyarakat (RKM) sebesar Rp. 84.596.000, yang bersumber dari APBN sebesar Rp. 59.217.000 dan bersumber dari APBD sebesar 8.459.000. Kemudian kontribusi masyarakat sebesar 20% dari total RKM tersebut berupa Incash dalam bentuk uang tunai dari iuran masyarakat sebesar Rp. 3.383.000, sedangkan kontribusi masyarakat dalam bentuk in kind (material dan tenaga gotong royong masyarakat) sebesar Rp. 13.535.000 sudah selesai dibangun oleh Satlak dan siap untuk diserahterimakan” demikian disampaikan Koordinator LKM Mutiara Kelurahan Padang Besi Irwan dalam sambutannya.
Lebih lanjut Irwan menuturkan bahwa dengan hadirnya Pamsimas di RT 02 dan RW 02 Kelurahan Padang Besi ini, maka warga di RW lain juga berharap dan meminta agar bisa mendapatkan program Pamsimas berikutnya.
“Harapan kami bahwa Pamsimas di RT 02 RW 02 Kelurahan Padang Besi ini tidak untuk yang terakhir, karena warga kami di RW-RW lain masih banyak membutuhkan air bersih, semoga permintaan dan harapan kami ini bisa dikabulkan” ujar Irwan yang sehari-hari bertugas sebagai polisi.
Kemudian DMAC HHS H. Sjaukani Isa, M.PH yang mewakili PU Kota Padang dalam sambutannya mengatakan bahwa Padang Besi ini adalah lokasi yang pertama melakukan serahterima kepada BPSPAMS di Kota Padang, meskipun 4 lokasi reguler lainnya sudah selesai, namun mereka akan melakukan serahterima secara kolektif direncanakan berlokasi di Air dingin pada minggu ini.
“Pamsimas di Padang Besi ini adalah lokasi yang pertama melakukan serah terima kepada BPSPAMSnya di Kota Padang” pujinya.
Lebih lanjut Sjaukani menuturkan bahwa kegiatan serahterima ini adalah lanjutan dari kegiatan uji fungsi yang sudah dilakukan oleh DPMU Kota Padang Ir. Tri Hadiyanto dan PPK Pamsimas Kota Padang Hendri Zulviton, ST, MT pada tanggal 7 Februari 2013 kemaren.
“Serahterima ini adalah awal dari kerja BPSPAMS, karena untuk keberlanjutan dan keberfungsian sarana selanjutnya sudah di tangan Ketua BPSPAMS, seyogyanya dalam waktu dekat BPSPAMS mengagendakan rapat untuk membuat AD/ART dan menetapkan tarif dan iuran pemakaian air bersama masyarakat”  tuturnya menjelaskan.
BPSPAMS tidak sekedar mengurus ketersediaan air saja, tapi BPSPAMS juga perlu tetap melakukan pemicuan dan monitoring jamban, karena target akhir dari Pamsimas itu adalah berubahnya prilaku masyarakat menuju prilaku hidup bersih dan sehat ditandai dengan ketersediaan jamban yang memiliki septick tank dan membiasakan cuci tangan pakai sabun.
Pada kesempatan itu Sjaukani juga menyampaikan permintaan maaf fasilitator yang bertugas mendampingi masyarakat, sebab dalam waktu dekat fasilitator akan mengakhiri tugasnya sekaitan dengan berakhirnya kontrak.
“Fasilitator kami yang bertugas di lapangan, kalau ada kesalahan dan kekhilafan, bertutur tidak pada tempatnya, agar dimaafkan, sebab mereka bertiga masih muda” tambahnya.
Serahterima dari LKM Mutiara Irwan kepada PU kota Padang yang diwakili oleh DMAC CD Pamsimas Kota Padang Rahmat Tk Sulaiman dilanjutkan dengan serahterima kepada Ketua BPSPAMS Sariaman berjalan dengan lancar dan khidmat.
Kegiatan diakhiri dengan sambutan Ketua BPSPAMS serta pesan dan kesan dari fasilitator yang diwakili oleh Yulindra Martin yang didampingi Penggi Siska Arya dan Dyan Revika. (Rahmat Tk Sulaiman, DMAC CD Kota Padang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar