Selasa, 12 November 2013

MENTERI PU KUNJUNGI LOKASI PROGRAM PAMSIMAS KOTA PADANG



Menteri PU Resmikan PAMSIMAS Sungai Lareh Kota Padang
Dalam kunjungan Menteri PU ke Sumatera Barat dalam mendampingi Presiden RI, Susilo Bambang yudhoyono selama 3 hari di Propinsi Sumatera Barat, Menteri PU Djoko Kirmanto berkesempatan mengunjungi dan meresmikan Pamsimas Sungai Lareh Kota Padang sekaligus dialog dengan Pengurus BPSPAMS dan masyarakat penerima manfaat pada hari Senin, tanggal 28 oktober 2013 di Kelurahan Lubuk Minturun Sungai.
Dalam kesempatan yang singkat tersebut, Ketua BPSPAMS Sungai Lareh kota Padang memaparkan proses pelaksanaan Pamsimas di hadapan Menteri. Mulai dari proses perencanaan sampai pada kondisi sekarang dengan menunjuk peta sosial dan foto-foto kegiatan yang terpajang.
 “Sebelum ada air Pamsimas, kami mengambil air melalui air kali dan sumur. Sumur yang kami galipun melalui bor juga berbau dan berwarna. Alhamdulillah setelah masuk program Pamsimas pada tahun 2009, kami masyarakat Sungai Lareh Kelurahan Lubuk Minturun Sungai Lareh Kota Padang bisa menikmati air bersih dan juga berprilaku hidup bersih dan sehat” tutur Misar yang biasa dipanggil Agap dengan semangat.
Selanjutnya Bendahara BPSPAMS, Dastina Elita menambahkan bahwa masyarakat yang sudah ikut Sambungan Rumah sebanyak 173 Rumah dengan penerima manfaat sebanyak 285 KK dari total KK sasaran Pamsimas Sungai Lareh sebanyak 340 KK.
“Alhamdulillah, kas BPSPAMS Sungai Lareh sekarang sebanyak Rp. 19.389.000, setelah beberapa bulan sebelumnya juga dikeluarkan untuk biaya perbaikan. Kecenderungan dari pendapatan BPSPAMS selalu meningkat. Kami juga sudah menyalurkan air untuk pengembangan ke Kelurahan dan kecamatan tetangga yaitu Kelurahan Ladang Keladi Kecamatan Kuranji dengan melakukan kerjasama. Debit air kami juga masih besar yaitu 6,17 Lt/ Dtk” tambah buk ita.
Kedatangan Menteri PU disambut sangat antusias oleh warga Sungai Lareh, termasuk juga siswa SMPN 32 Kota Padang yang berada di Sungai Lareh. Kedatangan Menteri PU ini dimanfaatkan oleh para siswa untuk bersalaman dengan pak Menteri. Ikut bersama rombongan Menteri PU, jajaran Kementerian PU dan didampingi PU Propinsi Sumatera Barat. Menteri PU disambut oleh PU Kota Padang, Lurah Lubuk Minturun Sungai Lareh, Ketua LPM, dan pemuka masyarakat Sungai Lareh. Menteri PU langsung menuju tempat Ketua BPSPAMS Sungai Lareh dan masyarakat yang sudah menunggu.
 Setelah dialog dengan penerima manfaat, Ketua BPSPAMS mengajak dan membawa Menteri PU untuk meninjau kantor BPSPAMS yang tidak jauh dari tempat berkumpulnya masyarakat. Setelah meninjau kantor BPSPAMS, kemudian Menteri PU ingin melihat secara langsung air Pamsimas dan menuju salah satu rumah warga di dekat kantor BPSPAMS tersebut. Kran yang sudah dipasang beserta meterannya di samping rumah salah satu warga langsung diputar Pak Menteri, mengalir airnya dengan deras.
 Menyaksikan air yang keluar itu bersih, pak menteri langsung bertanya kepada pengurus BPSPAMS tentang bagaimana tata cara pemeliharaan sumber air. Langsung ketua BPSPAMS memanggil petugas penjaga air yang juga menjabat sebagai unit teknik dalam kepengurusan BPSPAMS Sungai Lareh.
“Saya setiap hari selalu mengecek sumber air pak, karena saya punya ladang di sekitaran sumber air. BPSPAMS juga sudah dibuatkan pondok jaga di dekat SPL dan reservoar. Setiap pagi dan sore selalu saya cek airnya, kalau ada daunan di sekitaran intake, langsung saya buang dan bersihkan. Kemudian 1 kali dalam 3 bulan kami selalu bergotong royong melakukan pengurasan” ujar Buyung Bustami dengan bahasa indonesia yang terbata-bata.
Di hadapan PU Kota Padang, pengurus BPSPAMS dan warga penerima manfaat serta masyarakaat yang hadir, Menteri PU menyampaikan pesan agar sarana Pamsimas dijaga dan dikembangkan dengan baik.
“Saya minta agar semua sarana yang sudah dibangun itu dijaga dengan baik, kemudian dikembangkan. Sebab kalau tidak dijaga dan dikembangkan, akan jadi mubazir. Perhatikan tatacara pemeliharaannya, termasuk pemeliharaan terhadap sumber air” pesan Djoko Kirmanto.
Kemudian pengurus BPSPAMS berkesempatan meminta untuk foto bersama Menteri PU di depan kantor BPSPAMS. Dengan penuh santun, Menteri PU melayani permintaan tersebut.
 Terlihat rona penuh gembira dan senang pada wajah pengurus BPSPAMS, dari sekian banyak BPSPAMS se Kota Padang, BPSPAMS Sungai Lareh diberikan kesempatan untuk dikunjungi langsung oleh Menteri PU.
“Hilang semua kelelahan kami dan sudah digantikan oleh rasa gembira dan senang. Apa yang kami lakukan selama ini dengan ikhlas, penuh dengan kebersamaan dan semangat gotong royong, berbuahkan nikmat yang tak ternilai dengan dikunjungi langsung oleh Menteri PU, Djoko Kirmanto. Ini seperti mimpi bagi kami. Semoga ini akan menjadi motivasi kami untuk selalu meningkatkan pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat” ujar Misar Agap dengan penuh syukur.
 Di tempat lain Lurah Lubuk Minturun Sungai Lareh, Masri Syair didampingi Ketua LPM mengatakan bahwa kedatangan pak Menteri PU ke Kelurahan Lubuk Minturun Sungai Lareh merupakan sebuah kehormatan, meskipun dalam kondisi dadakan.
“Kami tidak menduga sedikitpun, pak Menteri PU langsung datang untuk meninjau Pamsimas di daerah kami. Semoga akan ada kunjungan berikutnya” harap lurah. (Rahmat Tk Sulaiman, FK CD PAMSIMAS Kota Padang)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar