Selasa, 12 November 2013

Kompetensi Wali Nagari di Padang Pariaman akan dinilai

Kompetensi Wali Nagari di Padang Pariaman akan dinilai
Oleh : Rahmat Tk Sulaiman
Sebanyak 15 orang Wali Nagari terbaik masing-masing kecamatan di Kabupaten Padang Pariaman akan dinilai oleh tim Penilaian Kompetensi Wali Nagari pada tanggal 21 Februari 2013 untuk mencari 3 wali nagari terbaik. Penilaian itu akan dilakukan dalam 2 tahap. Tahap pertama ekspose atau presentasi untuk mendapatkan satu wali nagari terbaik dari masing-masing tim penilai. Sedangkan tahap kedua penilaian lapangan dengan melakukan kunjungan ke nagari pemenang pertama pada masing-masing Tim.
Untuk mempersiapkan penilaian kompetensi Wali Nagari tingkat Kabupaten Padang Pariaman tersebut, Kepala Bagian Pemerintahan Nagari mengadakan rapat persiapan bersama tim penilai pada hari kamis, tanggal 14 Februari 2013 bertempat di ruangan rapat sekda padang pariaman. Rapat persiapan dibuka secara resmi oleh Asisten III Jonpriadi, SE, MM.
Dalam sambutannya Asisten III menyampaikan bahwa penilaian kompetensi wali nagari ini jangan hanya dalam bentuk rutinitas dan serimonial saja, namun yang kita cari adalah wali nagari yang akan juara di tingkat propinsi, kalau bisa tingkat nasional. ”Diharapkan penilaian ini menghasilkan wali nagari yang siap menjadi juara I tingkat propinsi, bahkan tingkat nasional” ujarnya.
Lebih lanjut Jonpriadi mengharapkan wali nagari yang akan ekspose ini menampilkan spesifikasi dan ikon nagarinya dan juga perwujudan dari visi misi kabupaten padang pariaman” Kita sedang menggalakan gotong royong di masyarakat, mensosialisasikan gerakan masyarakat maghrib mengaji dan implementasikan ABS SBK di tengah-tengah masyarat” tambahnya.
Sebelum sambutan Asisten III, Kabag Pemerintahan Nagari Hendri Satria menyampaikan bahwa penilaian kompetensi wali nagari tahun 2013 ini merupakan sudah yang kedua kalinya. Salah satu tujuan dari penilaian kompetensi wali nagari ini adalah untuk pembinaan terhadap wali nagari.” Dengan adanya penilaian kompetensi wali nagari ini, wali nagari bisa melengkapi data-datanya, menjadi peduli terhadap dokumen dan data-data nagari” ulasnya
Lebih lanjut Hendri mengatakan bahwa kita harus belajar dari pengalaman tahun 2012, pada saat lomba tingkat provinsi tahun 2012 kemaren, wali nagari yang juara itu membawa dokumen pendukung, mulai dari kegiatan masyarakat dan undangan yang dihadiri, foto-foto kegiatan, termasuk juga produk-produk yang dihasilkan semasa kepemimpinannya, seperti Renstra dan peraturan nagari (pernag) yang dilahirkan wali nagari tersebut. ”Selain performance wali nagari yang dinilai, terkait dengan kompetensi,  dokumen dan data pendukung juga menjadi perhatian tim penilai. Bahkan dokumen yang dibawa lebih tebal dari disertasi kandidat doktor” ujarnya meyakinkan.
Untuk penilaian tahun 2013 ini kita akan libatkan wali nagari terbaik I tahun 2012 yang sudah ikut berkompetisi tingkat provinsi dan diharapkan bisa berbagi pengalaman. Sehingga wali nagari terbaik tahun 2013 ini siap menjadi pemenang tahun 2013
Adapun Wali Nagari yang akan dinilai kompetensinya dibagi dalam 3 tim. Wali nagari yang akan dinilai oleh tim I yang diketuai oleh Asisten I Drs. Anwar, M.Si adalah Wali nagari tapakis Kecamatan Ulakan tapakis, Wali nagari Kasang Kecamatan batang Anai,  Wali nagari Batu kalang Kecamatan Padang Sago, Wali nagari Sicincin Kecamatan 2X 11 Enam Lingkung. Sedangkan tim II yang diketuai oleh Staf Ahli Bupati Padang Pariaman Ir. Nazran, MM akan menilai kompetensi wali nagari Gasan Gadang Kecamatan batang gasan, Wali nagari sungai sarik kecamatan VII Koto, Wali nagari kayu tanam Kecamatan 2X11 Kayu tanam, Wali nagari pakandangan Kecamatan Enam Lingkung dan Wali nagari Sunur kecamatan Nan Sabaris.
Kemudian Wali nagari Toboh gadang Kecamatan Sintuk Toboh gadang, Wali nagari Kuranji Hilir Kecamatan Sungai Limau, Wali Nagari Kuranji Hulu Kecamatan Sungai Geringging, Wali Nagari Cimpago Kecamatan V koto kampung dalam dan Wali Nagari kudu Ganting Kecamatan V koto Timur akan dinilai oleh Tim III yang dipimpin oleh Asisten III Jonpriadi, SE,MM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar